Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

halaman

Senin, 26 Maret 2012

MASIH SENANGKAH ANAK-ANAK ZAMAN SEKARANG DENGAN LAGU ANAK-ANAK…..


Seperti biasa, aku pulang dengan menggunakan kereta rakyat, yaitu kereta ekonomi. Setelah menemukan nomor kursiku aku duduk sesuai dengan nomor yang tertera di tiketku. Tak lama, muncul 2 orang ibu-ibu yang satu ibu muda yang satu sudah paruh baya, dan satu lagi anak perempuan yang masih balita. Selang beberapa saat kami pun mengobrol dengan ibu-ibu tadi untuk menanyakan tujuan mereka dan menanyakan usia anak perempuan itu, ternyata usianya baru 3 tahun.
Beberapa saat kemudian anak perempuan itu minta dinyanyikan  “KODOK NGOREK” sama ibunya..
…Kodok Ngorek..Kodok Ngorek..Ngorek Pinggir Kali…2x
Teot Tek Blung….Teot Tek Blung …bla..bla (aku uda lupa ga hapal)
Setelah berulang kali nyanyi kodok ngorek,  adek kecil itu minta dinyanyikan Lagu “Susan Besok Gede Mau Jadi Apa”
Susan….Susan…Susan…Besok Gede Mau Jadi Apa?...
Susan Besok Gede Kepengen Jadi Dokter (lagu terusannya lupa)

Lagu juga berlanjut ke lagu  lagu lainnya, tapi aku lupa persisnya. Hebatnya ibunya hapal semua lagu anak-anak itu semua. Dan ibu itu dengan sukses mendiamkan anaknya yang rewel dan sekaligus mengajarinya kosa kata dan berlatih berbicara atau bernyanyi lebih tepatnya…
Aku kagum sama ibu itu karena hapal semua lagu anak-anak. Aku saja satu lagu tidak hapal semua, bagaimana suatu saat nanti kalo punya anak ga bisa ngajarin lagu-lagu yang baik….
Ibu itu nyanyi terus, anaknya pun mengikuti nyanyian ibunya, tapi lama-kelamaan yang tertidur bukan anaknya tapi malah ibunya malah yang ketiduran. Mengetahui ibunya tertidur dan suara nyanyian perlahan menghilang, anak kecil itu membangunkan ibunya untuk di nyanyikan lagu lagi. Padahal ibu itu sudah kelelahan. Jika melihat pengorbanan ibu itu, aku jadi teringat ibuku… Pastinya sewaktu aku kecil ibuku sangat kerepotan membawaku ke luar kota naik kereta disaat umurku masih balita seperti itu…
Jika dilihat anak zaman sekarang konsumsi lagunya seperti “Keong Racun”,”SMS”,dan lagu-lagu lain yang sudah di luar kepala anak-anak saat mereka menyanyikannya. Bagaimana lagu-lagu itu tidak terpatri di dalam kepala anak-anak itu, jika ibunya saja meninabobokkan bayi-bayinya dengan lagu SMS,atau keong racun…Ngeliat ibu-ibu yang nimang-nimang anaknya sambil nyanyikan lagu dangdut bikin ketawa sekaligus juga bikin sedih, kasian anaknya ntar yang dihapal Cuma lagu itu aja….
Semoga  ibu-ibu yang lain nggak lagi mengajarkan lagu-lagu yang aneh-aneh, malah seharusnya di perdengarkan sholawat atau kata-kata yang bagus-bagus, supaya perbendaharaan kata anaknya juga bagus dan otaknya juga berkembang baik….

2 komentar:

Unknown mengatakan...

hii…. blognya kren..infornya bnr2 bermanfaat.
Saya juga punya sebuah blog yg byk membahas tentang anak2, terutama dunia lagu anak…
anda juga bisa donlot lagu anak gratis di sana..
klik http://lagu2anak.blogspot.com
kunjung balik ya…
tuker link juga boleh kalo tidak keberatan…

Salam cinta lagu2anak…

Unknown mengatakan...

hii…. blognya kren..infornya bnr2 bermanfaat.
Saya juga punya sebuah blog yg byk membahas tentang anak2, terutama dunia lagu anak…
anda juga bisa donlot lagu anak gratis di sana..
klik http://lagu2anak.blogspot.com
kunjung balik ya…
tuker link juga boleh kalo tidak keberatan…

Salam cinta lagu2anak…

 

Sample text

Sample Text