Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

halaman

Kamis, 25 Juli 2013

Burn Bootable Windows 7 di DVD

Saya mau sharing dengan pengalaman saya nge-burn installer Windows 7 di DVD. Sebelumnya saya tidak pernah menggunakan DVD-ROM di Laptop Compaq V3000 saya karena sudah rusak, karena tiap kali saya masukkan DVD atau CD saja terkadang tidak dapat membaca sama sekali, kadang bisa tapi sangat jarang untuk bisa membaca DVD/ CD. Jadi setiap kali mau burn data atau baca data harus pinjem DVD-ROM milik orang lain bahkan pernah juga pinjem DVD-ROM External teman saya.

Sering setelah burning Windows 7, selalu saja gagal untuk booting ketika saya akan install ulang OS di laptop saya. Sampai saya habis banyak keping DVD untuk coba, padahal saya juga udah pake Nero waktu itu. Memang bisa juga install Windows 7 pake bootable USB Flashdisk, saya sering juga pake cara itu kalo lagi install ulang OS saya. Tapi ribetnya kalo Flashdisk saya kebetulan isinya penting dan isinya banyak dan belum sempat di back up, mau tidak mau harus pake opsi lainnya seperti menggunakan keping DVD, jadi untuk berjaga-jaga agar sewaktu-waktu saya butuh installer Win7 saya bisa langsung pake DVD itu atau teman saya butuh saya bisa meminjamkan DVD itu.

Karena ini coba-coba, jadi saya cobain juga pake DVD-ROM laptop saya yang udah sekarat bahkan untuk baca data di DVD/ CD aja kadang ga bisa kebuka datanya. Akhirnya saya nyoba burn data pake POWER ISO, berikut ini penjelasanya :

1. Buka folder baru windows 7 di bagian Add > Add Folder. Atau kalo filenya udah dalam bentuk .iso langsung aja Add Files.
 2. Setelah file installer akan muncul di Power Iso. Lalu pada pojok kiri bagian bawah ada tulisan yang ditandai kotak biru yaitu Non Bootable Image. Lalu agar file installer yang akan di burn menjadi bootable harus ditambahkan lagi file boot.ima.
Setelah itu untuk memasukkan file boot.ima ke dalam power iso, maka pilih menu Action > Boot > Add Boot Information. Lalu klik OK.

Jika installer sudah dalam bentuk file .iso maka kita dapat langsung Burning ke DVD, tapi bila masih dalam bentuk folder maka file tersebut terlebih dahulu harus kita Save dalam tipe Standard ISO Images (*.iso). Setelah itu klik Burn.



 Anehnya setelah itu DVD-ROM saya ketika saya gunakan untuk booting win7 ke laptop lain ternyata bisa padahal itu ngeburn pake DVD-ROM saya yang uda sekarat. Dan tiba-tiba saja DVD-ROM saya bisa digunakan lagi untuk membaca data atau burn data biasa. Sepertinya ini efek dari Power Iso yang membuat DVD-ROM saya bisa berfungsi normal lagi.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Bro, file.ima itu apa ya ?

Unknown mengatakan...

Very informative and worthy post. Thanks for the sharing such a precious updates with us.

HP - 655 15.6" Laptop - 4GB Memory - 500GB Hard Drive

HP - ProBook 4540 15.6 Laptop - 4GB Memory - 500GB Hard Drive - Metallic Gray

caesario mengatakan...

Maaf uda lama ga buka blog.. boot.ima itu semacam file untuk membuat iso menjadi bootable waktu install pake dvd RW gt mas..

Unknown mengatakan...

Saya ada os bajakan format iso tapi tidak mau burner iso dgn software nero, power iso, image burn dan burn adware profesional. Bukan dvd rom dan saya memiliki 2 dvd rw burner asus dan lg baru dibeli.sudah mengikutil langkah2 memulai burner dgn dvd blank verbatim dan sony .gimana solusinya agar bisa burning dvd ?

Asmanurs3 mengatakan...

file ima.,. itu dapatnya dari mana bang,.,

Dp BBM Gokil mengatakan...

artekelnya bermanfaat sob
http://giribig.com/
http://blog.giribig.com/

 

Sample text

Sample Text