Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

halaman

Sabtu, 07 Juli 2012

Cara mengatasi "FPDF Error, Some Data Has Already Been Output, Can't Send PDF File"

Beberapa saat yang lalu saya ditugasi atasan untuk mencetak laporan dengan PDF pada project yang menggunakan PHP berbasis CodeIgniter, dan saya memilih menggunakan FPDF, karena menurut saya, FPDF dapat memudahkan mengatur tata letak tulisan sesuai keinginan si pembuat, seperti pembuatan header, footer dan penempatan teks yang bisa fleksibel. Namun ketika akan menggunakannya, saya berkali-kali dibuat kesal karena selalu saja muncul pesan error "FPDF Error, Some Data Has Already Been Output, Can't Send PDF File", padahal saya sudah mengikuti petunjuk sesuai yang ada di manual library FPDF. Setelah itu saya coba tanya ke Pak Lek Google ternyata Alhamdulillah, dapat di atasi. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan sebelum tag <i? dan tag ?i> tidak ada spasi sama sekali. Pastikan kedua tag di atas menempel pada dinding kiri teks editor.

2. Bila masih muncul error seperti diatas maka tambahkan code seperti ini di awal code : ob_start(); setelah saya coba, ternyata berhasil, laporan pdf dapat ditampilkan dengan baik.

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Thank ya mas informasinya
Berguna sekali buat aku.

Sealkazz mengatakan...

okwowkowkowok kampret w nyari setengah mati cuma kurang

ob_start();


dafuq


makasihh broo

Doni Suitela mengatakan...

bisa gan. trims

Menerima Pembuatan Website - Dinamis & Statis mengatakan...

keren lu boss,informasi lu sangat amat teramat ngebantu ane ,,,, thanks. dan sukses selalu boss

Pejalan Iseng mengatakan...

gaan thks bgt ni, ud seminggu nyari kesalahanny dmn ternyata kurang itu aj, semoga sehat selalu ente, dan semoga ilmunya bermanfaat bagi yg lain

Anonim mengatakan...

gan.. mau tanya, gue udah tambahin ob_start(); di paling atas .. tp kok tetep gak bisa ya?

Unknown mengatakan...

FPDF error: Some data has already been output to browser, can't send PDF file

kalo error nya gmna gan

Unknown mengatakan...

thanks banyak gan,,
Diilangin spasi nya berhasil....

 

Sample text

Sample Text