Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

halaman

Selasa, 18 Juni 2013

Kapan kita punya Komputer Super yang canggih Buatan Dalam Negeri?

     Saat ini negara Asia yang dulunya teknologinya tertinggal jauh dari Amerika atau Eropa, tapi akhir-akhir ini  kemajuan teknologi dari Asia benar-benar mengagumkan. Semakin banyak negara Asia yang mulai merajai Teknologi di beberapa bidang seperti ICT, Nuklir, Bioteknologi, nanoteknologi, aerospace, rekayasa mekanik dan lainnya. Contohnya bisa kita lihat di negara-negara seperti Cina, India, Jepang, Korea, Iran, dan beberapa negara lainnya.


     Baru-baru ini Cina memegang posisi pertama untuk kategori Komputer tercepat di dunia yang dirilis pada 17 Juni 2013 oleh TOP500 bernama Tianhe-2 atau Milkyway mengalahkan superkomputer buatan Amerika. TOP500 adalah sebuah organisasi yang mendata superkomputer tercepat yang sedang digunakan saat ini. Tercatat performanya memiliki 33,86 Petaflop/s (Peta Floating-point Operation per second). Petaflop adalah sebuah pengukuran untuk mengukur kecepatan pemrosesan komputer dan 1 Petaflops adalah seribu triliun operasi floating point (flop) per detik. Tianhe-2 ini dikembangkan oleh National University of Defense Technology Cina dan akan diletakkan di National Supercomputer Center in Guangzho, China, pada akhir tahun ini. Tianhe-2 memiliki 16.000 node, masing-masing node menggunakan dua prosesor Intel Xeon Ivybridge dan tiga prosesor Xeon Phi dengan total gabungan yaitu 3.120.000 core komputasi. 
   Prestasi yang di dapatkan ini tak lain juga merupakan dukungan yang besar dari Pemerintah Cina, karena pembuatan Superkomputer ini digagas, didanai, dan dikelola oleh Pemerintah provinsi Cina untuk menciptakan teknologi yang canggih dalam segala bidang dan terbebas serta mandiri dari teknologi asing seperti Amerika misalnya.
  Sebenarnya kita pun sangat-sangat bisa, asalkan di dukung dengan produk kebijakan yang mendukung penelitian untuk teknologi di bidang ICT dan bidang lainnya. Selain itu dukungan finansial untuk penelitian juga harus besar-besaran untuk menghasilkan hasil yang semaksimal-maksimalnya, sehingga menciptakan iklim penelitian yang kondusif bagi peneliti karena mereka juga di danai dan juga taraf kehidupannya juga terjamin. Oleh karena itu korupsi juga harus diberantas agar uang negara tidak terpangkas habis oleh koruptor. Sehingga uang rakyat bisa digunakan untuk memajukan pendidikan dan teknologi buatan dalam negeri.

Sumber


Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sample Text